5 Peralatan Sederhana Untuk Belajar Kaligrafi

Belajar Kaligrafi - Dalam belajar kaligrafi selain membutuhkan ketekunan, ketelatenan dan kesabaran juga pastinya membutuhkan peralatan yang mendukung. Saudaraku sekalian pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menyinggung tentang peralaatan peralataan sederhanaa yang bisa saudara gunakaan untuk belajar membuat kaaligrafi dengan mudah.

peralatan-sederhana-belajar-kaligrafi

Namun saudara tidak perlu cemas, jika tidak memiliki peralatan tersebut, karena peralatan yang anda butuhkan untuk membuat kaligrafi terbilang cukup mudah di temukan di sekitar kita, bahkan harganyapun terbilang cukup terjangkau bagi siapapun.

Zaman sekarang sebenarnya saudara tidak perlu repot ketika ingin belajar membuat kaligrafi, karena sebenarnya saura bisa membuatnya di komputer maupun di handphone anda. Semuanya sudah di permudah dengan teknologi. namun bagi saudara yang tetap ingin tahu dan mendalami belajar kaligrafi dengan peralatan manual, berikut kami sampaikan peralatan yang anda butuhkan.

1. Pensil atau Pulpen

Pensil maupun pulpen fungsinya sama saja yaitu di gunakan untuk menulis, yang membedakan hanya pada hasilnya. Pulpen cenderung lebih jelas sedangkan pensil sebaliknya. Kedua alat tersebut bisa saudara gunakan, boleh juga salah satunya tergantung selera dan kebutuhan saudara.

Bagi saudara yang mungkin masih benar benar pemula saya sarankan menggunakan pensil saja, karena sifatnya yang mudah di hapus ketika ada kesalahan dalam menggambar atau menulis dalam proses belajar kaligrafi. Ketika saudara sudah sedikit menguasai bisa menggunakan pulpen untuk hasil yang lebih maksimal.

Sebenarnya di dunia perkaligrafian pulpen yang di gunakan adalah pulpen khusus yang di desain sedemikan rupa sesuai dengan kebutuhan, mata pulpen yang di buat bermacam macam ada yang di buat tebal dan tipis sesuai selera.

Namun di sini saudara hanya perlu mengunakan pulpen maupun pensil yang sering anda jumpai di sekitar anda, atau yang pernah anda pakai waktu masih duduk di bangku sekolahan. Secara bentuk dan mata pulpen memang berbeda dari pulpen khusu kaligrafi, tapi nanti penggunanaanya dan hasilnya tidak jauh berbeda.

Cara menggunakanya saudara hanya perlu menggabungkan dua pulpen menjadi satu dan di iakt menggunakan karet gelang. Sehingga setelah di satukaan secara otomatis mata pulpen akan menjadi dua, dan ketika anda menulis menggunakan pulpen tersebut akan hasilnya akan terlihat lebih besar dan menyerupai dengan kaligrafi yang di buat menggunakan pulpen khusus.

2. Kertas

Peralatan kedua yang anda butuhkan adalah ketas yang di jadikan media untuk menuliskan kaligrafi yang ingin saudara buat. Sekarang saudara bisa menemukan kertas di manaupun dengan mudah, bisa sisa buku sekolah, bekas bungkus tempe ataupun saudara beli di waung terdekat.

Harga memang berfariasi tergantung kualitas jenis kertas tersebut, berhubung masih dalam tahap latihan saudara saya sarankan gunakanlah kertas yang kualitasnya setandar saja, untuk mengurangi pemborosan kertas yang terbuang saat melakukan proses belajar kaligrafi.

Kertas yang di gunakan oleh para kaligrafer hebat baisanya lebih tebal dan teksturnya sedikit lebih halus dengan tujuan hasil yang lebih maksimal. Saiudara nanti bisa gunakan itu setelah anda sedikitnya sudah menguasai teknik teknik menulis kaligrafi yang baik.

Bahkan saudara bisa tuga menuliskanya menggunakan kain kanvas atau tembok rumah anda untuk di jadikan sebagai hisan rumah anda, sehingga menjadikan rumah anda lebih adem dan enak di pandang mata. bahkan nantinya jika ada tetangga maupun teman anda yang tertarik, bisa di jadikan sebagai ladang usaha anda.

3. Penggaris

Bagi saudara yng di rumah belum atau tidak memiliki penggaris bisa beli di toko dekat rumah atau toko khusus alat tulis harganya berkisar dua ribu rupiah untuk yang biasa. atau saudara bisa guanakan benda di sekitar anda yang sifatnya panajang tapi sisi pinggirnya lurus, yang penting bisa di gunakan untuk menggaris.

Jadi nanti fungsinya penggaris tersebut untuk membuat garis bantu supaya dalam proses belajar kaligrafi hasilnya tidak rata ataau naik turun ada yang tinggi ada yang rendah. Ini penting dilakukan bagi saudara yang belum bisa menyeimbangkan tulisan secara spontan atau yang masih pemula.

Berbeda debgab pulpen dan kertas penggaris jarang di gunakan, hanya di gunakan di awal saja untuk membuat garis bantu. bahkan penggaris cenderung tidak akan di gunakan oleh merekan mereka yang sudah mahir dalam membuat kaligrafi. 

Namun bagaimanapun sebisa mungkin saudar harus memiliki penggaris, karena sewaktu waktu pasti akan di butuhkan. walapun saudara sudah mahir sekalipun. Biasanya pengaris akan di butuhkan ketuka saudara membuat kaligrafi dengan ukuran besar. karena mereka biasanya susah untuk mengira ngira tidak seperti di kertas. bahkan tidak hanya penggaris tapi juga menggunakan meteran.

4. Pewarna 

Ada banyak sekali macam macaam pewarna yang bisa anda gunakan untuk memeberikan efek warna pada hasil kaligrafi yang sudah saudara buat. ketika kaligrafi yang di buat di beri pewarna nuansanyaa akaan menjadi lebih hidup dan enak di pandang.

Tidak sedikit juga dari mereka para konsumen kaligarfi menyukai efek kaligrafi yang berwarna gelap hanya menggunakan pensil untuk mewarnai sehingga hanya nampak hitaam dan putih saja, itu semua tergantung selera masing masing orang.

Jadi saudara bisa menggunakan krayon atau pensil warna yang bisa anda temukan di toko alat tulis. Ada banyak sekali janis warna yang bisa di gunakan. karayon mungkin akan menghasilkan hasil yang lebih cerah jika di bandingkan dengan pensil warna. namun harganya juga di atas pensil warna.

Saudara juga bisa menggunakan spidol warna untuk mewarnai kaligrafi, ini hampir sama dengan krayon menghasilkan warnaa yaang cerah serta harganya juga lebih murah daripada krayon. Mungkin nsaudara bisa menggunakan ini.

Jika saudara masih belum bisa menggubakan alat alat pewarna di atas, gunakanlah pensil saja untuk belar mewarnai hitam putih di buat semenarik mungkin. Baru setelah saudara sudah sedikit menguasi teknik teknik mewarnai saudara bisa gunakan pensil warna, spidol maupun krayon.

5. Penghapus

Jika di bandingkan dengan penggaris penghapus cenderung lebih sering di gunakan bagi siapapun yang sedang dalam proses belajar kaligrafi. Siapapun mereka ketika dalam proses latihan pasti akan menemukan titik kesalah yang biasanya berulang ulang.

Jadi sebisa mungkin saudara sispakan saja penghapus untuk kemudahan dalam proses belajar. terkecuali nika saudara sudah mahi atau memang memiliki bakat yang terpendam. jadi saat proses latihan jarang sekali melakukan kesalahn.

Demikan apa yang bisa saya sampaiakn kepada saudara terkait peralatan peralatan yang sederhana untuk di gunakann saat belajar kaligrafi. Saya tidak bermaksud untuk membati suatu karya seni karena sejatinya karya seni itu bersifat bebas, bagus menurut saya belum tentu menurut saudara begitupun sebaliknya.

Saya hanya bermaksud memberi saran bagi saudara yang sedang bingung mencari peralatan kaligrafi denga peralatan yang sederhana. mohon maaf jika baanyak kekeliruanya semoga bermanfaan bagi saudara sekalian, saya ucapkan terima kasih telah menyempatkan untuk membaca tulisan saya. Jika saudara ada saran silahkan tulis di kolom komentar.

0 Response to "5 Peralatan Sederhana Untuk Belajar Kaligrafi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel