Corak Dan Ciri Ciri Kaligrafi Kontemporer

Kaligrafi merupakan salah satu cabang seni rupa yang cocok untuk di konsumsi, bagi saudara sekalian di jadikan sebagai hiasan hiasan di dinding dinding rumah, sehingga rumah akan bernuansa indah dan sedap untuk dipandang.

ciri-ciri-kaligrafi-kontemporer

Namun kebanyakan orang ketika membeli atau mengkonsumsi kaligrafi mereka cendengung kuran memahami, sebenarnya kaligrafi yang mereka beli itu termasuk kaligrafi jenis apa ?

Saudara tahu sendiri lah ketika mungkin posisi sauadara sebagai konsumen kaligrafi yang tidak tau menau mengenai kaligrafi, biasanya hanya mengutamakan yang paling sreg untuk di beli.

Pada kesempatan kali ini say akan mencoba membahas ciri ciri maupun corak yang di gunakan kaligrafi pada zaman sekarang atau yang lebih kita kenal dengan sebutan kontemporer.

Kaligrafi sebgai karya seni yang bermutu tinggi , sudah pasti kaligrafi mempunyai aturan serta teknik yang khusus dalam pembuatanya, karena tidak bisa hanya sekedar asal asalan.

Secara tekhnis penulisan kaligrafi juga bergantung pada prinsip geometri serta aturan tentang keseimbangan huruf yang di dukung dengan huruf alif dan titik untuk di jadikan penanda maupun pembeda dari masing masing huruf arab.

Tenik yang di gunakanya pun tidak hanya sekear teknik penulisan, tapi meliputi teknik pewarnaan, bahn tulisan, medium hingga pena yang di gunakan untuk menulis.

Kembali ke pembahasan kenapa kaligrafi masa kini lebih di kenal dengan sebutan kotemporer, karena karya seni kaligrafi menjauhkan diri dari ikatan ikatan baku serta menyimpang dari aturan masa lalu melainkan lebih mengikuti perkembangan zaman.

Bangkitnya karya seni mulai menjadi kontemporer adalah sekitar tahun 70-an, di karenakan proses perkembangan yang mulanya tumbuh di barat merambat ke timur tengah serta negara negara islam termasuk indonesia.

Adapun ciri ciri daripada kaligrafi kontemporer di antaranya : 

1.Kaligrafi tersebut  biasanya keluar dari aturan baku, tidak terlalu begitu menuruti kaidah kepenulisan huruf , kecuali hanya sedikit saja.

2.Alat maupun bahan atau medianya lebih bebas tidak hanya menggunakan kertas maupun pena biasa.

3.Dalam pembuatanya cenderung bergaya dan bertema bebas , terkadang abstark, simbolis atau expresionis.

Baca Juga : 

Dari ketiga cici ciri kaligrafi kontemporer di atas, kaligrafi kontemporer juga memiliki beberapa corak.

Kaligrafi kontemporer yang memang merupakan pembrontakan atas kaidah kaidah murni kaligrafi klasik seperti khat, Naskhi, Tsulusi, Farisi, Diwani, dan lain sebagianya.

Ismail dan Lamya Al-Faruqi Membagi corak Kaligrafi Kontemporer menjadi lima, Tradisional, Figural, Ekspresionis, Simbolik dan Abstrak.

1. Corak Tardisional

Corak Kaligrafi jenis ini lebih menutamakan kepada kaidah kepenulisan huruf hurufnya, bukan kepada lukisan yang menjadi bacground tulisan kaligrafi tersebut.

2. Corak Ekspresionis

Untuk corak Kaligrafi Ekspresionis ini mengarah kepada perkembangan ukuran dalam estetika barat, para kaligrafer ekspresionis ini lebih menggunakan perbendaharaan kata warisan dari arsitek islam yang jauh dari grammer kaligrafi yang asli.

3. Corak Simbolis

KAligrafi yang bercorak simbolis ini biasanya memaksakan penyatuan melalui kombinasi makna huruf untuk menyampaikan sebuah pesan yang terkandung dalam tulisan tersebut. 

Desain kaligrafi corak ini menggunakan huruf arab sebagai simbol suatu gagasan atau ide yang sangat kompleks, contoh kecilnya seperti huruf sin yang di desain menyerupai sebuah pedang atau pisau.

4. Corak Abstrak

Al-Faruqi menyebut kaligrafi kontemporer dengan julukan Khat palsu atau kahat kabur mutlak, karena menyerupai huruf huruf atau perkataan, akan tetapi tidak mengandung apapun yang di kaitkan dengan tulisan tersebut.

5. Corak Figural

Corak ini di namakan figural karena menggabungkan motif figura dengan unsur unsur kaligrafi memalui berbagai cara gaya seperti motif yang menyerupai daun atau bunga, manusia atau binatang yang di tulis kaligrafi arab.

Dari kelima corak kaligrafi di atas semuanya memiliki nilai dan ciri khas tersendiri, jadi saudara setidaknya setelah membaca tulisan ini bisa sedikit lebih faham mengenai corak corak kaligrafi kontemporer.

Mungkin hanya ini yang bisa saya tuliskan pada kesempatan ini, semoga bisa menjadi tambahan wawasan bagi saudara yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, Terima Kasih.

Baca Juga : 

0 Response to "Corak Dan Ciri Ciri Kaligrafi Kontemporer"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel