-->

Tempat Belajar Kaligrafi Terbesar Di Indonesia

Tempat Belajar Kaligrafi pastinya sangat banyak sekali, yang tersebar ke berbagai tempat di seluruh wilayah Indonesia.

Namun kita seringkali di bingungkan dengan banyaknya tempat yang bergerak di bidang kursus Kaligrafi, untuk memilih tempat yang benar benar rekomended banget buat saudara yang ingin belajar kaligrafi.

Maka dari itu, Pada kesempatan kali ini saya akan menegenalkan kepada saudara sekalian, mengenai salah satu tempat di Indonesia yang benar benar rekomended banget buat saudara untuk belajar kaligrafi.
Tempat-Belajar-Kaligrafi-Terbesar-Di-Indonesia
Dokumentasi saat peresmian Kursus kaligrafi
Sadaraku mungkin seringkali kita di bingungkan dengan apa yang harus kita kerjakan pertama kali untuk belajar segala hal yang ingin kita bisa atau kuasai.

Karena mungkin tidak adanya mentor atau dalam bahasa kita guru, yang mana mereka benar benar membimbing, megajari kita mulai awal hingga akhir.

Ketika mau mencari mentor kita masih di bingungkan dengan harus mencari di mana, walaupun di zaman sekarang semuanya serba mudah di akses melalui internet, karena begitu banyaknya.

Pada kesempatan kali ini saya coba sarankan kepada saudara, tempat yang menurut saya rekomended banget bagi saudara untuk belajar kaligrafi, yitu LEMKA ( Lembaga Kaligrafi Al-Quran )

Setelah kemarin kemarin saya juga pernah membahas mengenai link rekomended yang yang bisa saudara kunjungi, yang insa allah bisa di jadikan rujukan bagi saudara untuk belajar kaligrafi. Saudara bisa kunjungi artikel saya 5 Situs Rekomendasi Belajar Kaligrafi.

Baiklah Saudaraku kita kembali lagi ke topik mengenai Lembaga Kaligrafi Al-Quran (LEMKA ) yang terbesar di Indonesia.

Jadi LEMKA adalaha Lembaga Kaligrafi Al-Quran yang di dirikan pada tanggal 17 April 1985 atau 26 Rajab 1405 H.
Adapun penggagasnya adalah Drs. D. Sirojudin AR. yang mana hal tersebut berawal dari keinginan beliau untuk mendirikan sebuah organisasi atau lembaga yang berfokus terhadap seni menulis kaligrafi arab, yang menjadi kegemaranya.

Walaupun LEMKA ini hanya berawal dari sebuah khayalan beliau yang muncul pada tahun 1975, Akhirnya bisa terealisasikan pada tahun 1985.

Jadi Drs. D. Sirojudin AR. Bisa mendirikan lembaga tersebut, dari awal beliau mempunyai keinginan sampai terwujud, kurang lebih memakan waktu sekitar 10 tahun.

Sejarah singkatnya ketika Drs. Sirojudin ini, yang merupaka alumni Pondok Pesantren Modrn Gontor pada tahun 1976 mengenyam bangku kuliah di IAIN Syafif Hidayatullah Jakarta, Keinginanya semakin bertambah kuat.

Karena setelah di Jakarta beliau lebih leluasa dalam menyalurkan bakat menulis khatnya di berbagai media penerbit dan badan badan lain.

Setelah lulusnya dari Perguruan Tinggi pada tahun 1982,  Beliau berusaha untuk mewujudkan khayalan tersebut, dengan cara mengumpulkan teman temanya yang bergerak di bidang Khatat ( Para Penulis Khat ).

Masih belum terlaksana, di karenakan gagasan tersebut tidak mendapat respon dari teman seperguruanya. Sehingga beliau harus kembali ke kegiatan semula, yaitu melukis dan melukis kaligrafi, hanya untuk diri sendiri.

Setelah satu tahun kemudian tahun 1983, beliau mendapat undangan untuk mengajar di alamamaternya untuk mengajar mata kuliah kaligrafi, di Fakultas Adab bersama dengan Prof. H.M. Salim Fachry.

Singkat cerita saat Drs. Sirojudin dan Prof. Salim di tambah K.H.M.Abd. Razzaq Muhili di angkat menjadi Dewan Hakim Sayembara kaligrafi MTQ Nasional ke -13 di Padang. Beliau menyapaiakan gagasanya kepada kedua seniornya, di pesawat saat perjalanan menuju padang.

Alhamdulilah gagasan tersebut mendapat respon baik dari kedua senior beliau, dan baru terealisasikan dua tahun kemudaian. Tepatnya di tanggal 17 April 1985.

Kemudian pada tanggal 20 April 1985 tujuan di dirikanya LEMKA di paparkan dengan jelas tanpa ragu ragu yaitu " Pengembangan Bakat dan Pengenalan Khazanah Islam "

Adapun usaha usahanya di antaranya " Mempercepat pemahaman Seni Menulis Khat atau Kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, yang di khususkan masyarakat muda, di Indonesia.

Jadi bagi saudara yang sedang membaca tulisan ini, dan kedepanya tertarik untuk bergabung di lembaga tersebut, nati akan di bimbing mulai dari awal sampai benar benar mahir dan menguasai segala macam model maupun teknik menulis kaligrafi.

Tempat-Belajar-Kaligrafi-Terbesar-Di-Indonesia
Perpustakaan LEMKA
Lembaga Kaligrafi Al-Quran ini mengajarkana pelbagi khat secara mendetai dari huruf huruf tunggal, mulai dari tata letaknya, komposisi, harmoni, teknik gubahanya, proporsi maupun cara menggoresnya.

Lembaga yang berhasil mencetak lebih dari 6000 kader guru, penulis serta tenaga ahli dalam bidang kaligrafi ini. Tidak monoton belajar  di satu tempat saja, melainkan belajar dengan bernuansa rekreatif, seperti di melukis dan diskusi di alam terbuka.

LEMKA ini juga sudah membina kurang lebih 50 sanggar maupun pesantren. yang berhasil menumbuhkan pelaku industri kreatif dalam bidang seni kaligrafi Al-Quran, seperti  NOQTAH ART, Assiry, Saktah dan lain lain.

Di sini juga tidak hanya mengajarka kesenia semata, melainkan nantinya akan di tambah dengan kegiatan yg bernuasa menambah wawasan ilmiah, seperti pengajian seni, mubahasah tafsir Al-Quran, teknik mengajar, serta keorganisasian.

Untuk fasilitas pastinya sudak tidah di ragukan lagi, LEMKA ini memiliki fasilitas belajar yang lengkap, serta juga perpustakaan yg berisi kumpulan buku buku rujukan untuk belajar kaligrafi dengan lengkap, serta saung terbuka yang di gunakan para santri untuk menerima materi sekaligus prakteknya.
Tempat-Belajar-Kaligrafi-Terbesar-Di-Indonesia
Saung tempat para santri belajar kaligrafi
Ada juga Bengkel Kreasi yang fokus kepada pengembangan kewirausahaan para santri di Lembaga Kaligrafi Al-Quran tersebut. Sekaligus mengajak para santri untuk berwawasan kewirausahaan dalam menopang aspek ekonomi pondok.

Saya rasa keterangan mengeneai lembaga tersebut sudah sangat gamblang saya sampaikan di atas, walaupun mungkin hanya intinya saja yang saya sampaiakan belum secara mendetail.

Bagi saudara yang dari awal sudah mempunyai keinginan untuk bergabung di pesantren ini, tidak usah ragu, langsung saja segera di pikirkan matang matang, kemudian segera mendaftar ke pesantren tersebut.

Perlu di ketahui juga LEMKA ini membuka dua program pendaftaran. pendaftaran bagi orang yang ingin belajar kesenian kaligrafi sekaligus nyantri di sana atau  bisa juga mendaftar hanya ingin mengikuti diklat atau kursus kaligrafi semata.

Pendaftaranya juga cukup mudah bisa langsung ke lokasi pesantren, di Jln. Semanggi II 03/03 No. 20. A Cempaka Putih Ciputat, Tangerang Selatan, Banten Indonesia.

Bisa juga lewat Online. Bagi saudara yang ingin belajar sekaligus nyantri info lengkapnya bisa baca di Info Pendaftaran Santri Baru LEMKA.

Bagi saudara yang hanya ingi mengikuti kursus kesenian kaligrafi saja bisa baca infonya lengkapnya  di Info Pendaftaran Kursus Kaligrafi Lemka.

Demikan tadi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa menambah wawasan saudara dan membatu bagi saudara yang membutuhkan, saya selaku penulis memohon maaf bila terdapat kesalahan, mohon kritik dan saranya demi kemajuan blog ini, terima kasih.

0 Response to "Tempat Belajar Kaligrafi Terbesar Di Indonesia"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel