Manfaat dan Peranan kaligrafi Islam

manfaat dan Peranan kaligrafi - Hello saudarku, sebelumnya assalamualaikum, bagaimana keadaan kalian? semoga selalu di permudah segala urusanya dan tercapai cita citanya, amin.

Manfaat-dan-Peranan-kaligrafi-Islam

Kita pasti tahu lah segala macam apaun yang ada di dunia ini pasti mengandung sebuah manfaat, serta tujuanaya ataupun fungsi dari segala sesuatu yang di buat. Karena tidak mungkin kan ? suatu benda di buat tanpa adanya tujuan dan fungsi yang jelas tentunya.

Setelah kemarin kemarin saudara di suguhi artikel mengenai kaligrafi, mulai dari pengertiannya, sejarah kemunculanya, perkembanganya, jenis jenisnya sampai dengan tokohnya, mungkin saudara bertanya tanya, sebenarnya apa sih manfaatnya kaligrafi ini?

Pada kesempatan kali ini izinkan saya untuk memberi atau sharing sedikit ilmu, bagi saudara yang bertanya khusnya, ataupun yang sedang iseng lagi baca artikel saya, mengenai manfaatnya serta peranan daripada kaligrafi.

Baiklah langsung saja mari kita menuju ke topik pembicaraan sudah cukup basa basinya, lets go cekidot, he he.

Baca Juag : Tokoh Besar Kaligrafi Islam Indonesia

Peranan kaligrafi

Sebagai salalah satu bidang kesenian yang mendunia, pastinya kaligrafi mempunyai beberapa peranan, di antaranya.
  1. Klaigrafi merupakan kesenian warisan budaya dari zaman dahulu yang masih bisa kita nikmati sampai sekarang keindahanya dan lainya, walaupun mungkin dari segi bentuk gaya maupun model tidaklah sama dengan yang dulu, tapi itu terjadi karena kaligrafi mengalami perkembangan dan alhamdulilah berkembang dengan pesat.
  2. Kaligrafi bisa di jadikan media penelitian dari berbagai bidang ilmu pengetahun, baik ilmu sosial, budaya, ekonomi, maupun sejarahnya bahkan ilmu penelitian yang pada masa ini semakin berkembang.
  3. Kaligrafi merupakan buah dari pemikian manusia yang di sampaikan melalui beberapa media seperti, kertas, kaca, kayu, kulit dan lain sebagainya, sedangkan yang menjadi perantara untuk sampinya pikiran manusia ke media, melalui pena yang di goreskan ke media masing masing.
  4. Kaligrafi juga merupakan salah satu sarana informasi untuk menyampaikan suatu sejarah masa lalu maupun peristiwa peristiwa penting di suatu negara ataupun bangsa bangsa, yang memiliki keindahan dan bernilai budaya.
Manfaat Kaligrafi

Adapun manfaat yang akan kita dapat dari kaligrafi itu ada dua, yaitu manfaat kaligrafi secara umum dan secara khusus.

Manfaat kaligrafi secara umum.

1. Media Komunikasi.

Kita tahu media komunikasi tidak hanya lewat smart phone, whats up, BBM, dan lain sebagainya, kaligrafipun bisa di jadikan media komunikasi, untuk menyampaikan suatu pesan kepada orang lain.

Inti daripada kaligrafi sebenarnya kan tulisan yang bisa di baca, dan di mengerti yang memiliki makna tersendiri, namun khusus untuk kaligrafi ini adalah tulisan yang di tulis atau di buat seindah mungkin.

Namun sejatinya kaligrafi itu tetap adalah sebuah tulisan  yang mengandung pesan tertentu, sesuai dengan apa maksud dan tujuan dari seseorang yang membuat tulisan tersebut.

2. Media Expresi

Seperti yang kita tahu kaligrafi adalah merupakan salah satu dari banyak jenis kesenian, yang mungkin termasuk dalam kategori seni rupa menurut saya.

Ketika kita membahas mengenai kesenian pastilah di situ dunianya orang yang suka berexpresi, ambil contoh saat kita sedang menggambar suatu bentuk, di saat itulah kita sedang berexpresi utuk menyalurkan apa yang ada di otak kita dengan cara menggambar.

Begitupun kaligrafi, karena merupaka salah satu jenis kesenian bagi siapapun orangnya yang ingin berexpresi dengan tulisan kita bisa mencoba membuat kaligrafi,

Apalgi sekarang kaligrafi sudah berkembang tidak hanya sebatas di tulis di atas kertas, kita bisa menggunakan lukis, menguir kayu, bahkan pahat dan cetakpun juga bisa. Ketika kita mau mempelajarinya.

3.Media Keindahan

Umumnya orang di dunia ini ketika membeli sebuah kaligrafi di gunakan untuk hiasan didnding, rumah rumah ataupun masjid masjid di manapun.

yah memang itu termasuk salah satu dari beberapa manfaat kaligrafi, karena ketika sebuah dinding yang di beri hiasan beruapa kaligrafi, biasanya akan terasa beda dan mungkin akan menambah ketenangan.

Karena kalau di biarkan kosong tanpa adanya hiasan, khususnya kaligrafi tidak ada seninya sama sekali, malah seakan akan hampa dan tidak berwarna, saat kita memandang ke arah tembok kita hanya melihat pandngan yang kosong.

4. Media Motivasi

Siapa sih di dunia ini orang yang selalu semangat terus? saya yakin tidak ada, pasti adakalanya kita semangat, adakalanya males mau ngapa ngapain.

Tentunya kita pasti butuh dengan yang namanya motivator untuk memompa kembali semangat kita yang terpendam oleh sesuatu hal pastinya.

Kaligrafi ini bisa di jadikan media penyemangat tapi pasif, kenapa pasif karena sifatnya benda mati tidak bergerak, karea kaligrafi adalah sebuah seni yang berupa tulisan, pastinya bisa di baca.

Jadi kalau misalkan kaligrafi tersebut sebuh tulisan yang berisi tentang suatu kata kata bijak atau mahfudzot ( kata bijak berbahasa arab), pastinya kita akan terbangun semangatnya saat sedang malas, ketika kita membaca tulisan tersebut, walaupun hanya sedikit.

5. Media Syia'r

Sebenarnya syi'ar itu hampir sama dengan komunikasi yaitu menyampaikan pesan, namun di sini lebih khusus yaitu untuk menyampaikan ayat ayat Allah, karena secara umumnya kaligrafi itu adalah sebuah tulisan berbahasa Arab yang biasanya berupa ayat ayat Al-ur'an.

Jadi saat kita mengkonsumsi kaligrafi dengan di pajang di sebuah ruangan, secara otomatis kita sedang melakukan syi'ar, pastinya ketika ada seorang tamu ke rumah melihat dinding ada sebuah tulisan pasti otomatis di baca.

Siapa tahu orang tersebut adalah preman yang jarang sholat setelah membaca ayat kaligrafi dan ada artinya mengenai siksaan orang yang meninggalkan sholat, bisa mendapatkan hidayah dan akhirnya kembali ke jalan Allah tau taubat. Pastinya kita mendapat pahala dari kejadian tersebut.

Baca Juga : Definisi Kaligrafi Terlengkap

Manfaat Kaligrafi Secara Khusus
  • Bagi Individu
1. Menacari Rezeki

Kalian pasti sudah paham apa maksudnya, yah kaligrafi bisa mendatangkan rezeki pastinya, bagi mereka yang bergerak di bidang perdagangan, dengan cara menjual kaligrafi kepada orang orang yang mau.

kaligrafi merupakan suatu karya seni yang bernialai tinggi di pasaran, jadi mungkin bisa di jadikan salah satu usaha saudara jika saudara berminat dalam bidang tersebut.

2.Kepuasan Jiwa

Bagi para perajin kligrafi mungkin sudah paham mengenai poin yang satu ini, pasalnya ketika seorang perajin kaligrafi sedang berexpresi mengeksplor gagasanya itu mersakan kebahagian yang tiada tara, karena mungkin sudah masuk dalam jiwanya.

Jadi ketika sebuah karya seni kaligrafi itu di buat pastinya melalui tahapan yang serius karean di buat dengan rasa cinta dan bangga, apalagi ketika ada orang yang malihat dan menyukainya, tidak sampai membeli, kalau di beli tambah bangga, terbayarkan hasil buah pemikiranya.

3. Menjadi Apresiator

Maksud dari poin yang ketiga ini adalah, kaligrafi itu mengundang seseoran untuk berapresiasi, melihat kaligrafi tersebut atau mengundang rasa penasaran bagi orang orang.

Karena dalam sebauh karya seni kaligrafi terdapat nilai estetika yang tinggi pada setiap huruf hurufnya dan harokat yang di buat.
  • Bagi Kehidupan Sosial
1.Bahan Pembelajaran

Bahasa Arab sudah bukan lagi hal yang sulit untuk di pelajari, kita sudah tahu hampir di seluruh sekolahan yang ada di Indonesia di masing masing tingkatan, pasti ada pelajaran Bahasa Arab.

Dalam tanda kutip bukan sekolahan non muslim, kalaupun tidak ada pelajaran bahasa arab pastinaya ada pelajaran PAI, dan di dalam pelajaran tersebut pasti terdapat bahasa Arab.

Namun yang lebih khususnya ketika di dalam pesantren pelajaran bahasa arab pasti di ajarkan, dan tidak menutup kemungkinan mereka juga belajar kaligrafi pastinya, jadi siapapun sekarang bisa belajar kaligrafi dengan mudah.

2. Sarana Penghubung

Yang di maksud sara penghubung di sini adalah, Peralihan dari kebudayaan manusia dan peradaban masyarakat untuk menuju manusia yang lebih mengerti akan budaya dan menjadikn perdaban manusia yang lebih baik lewat kaligrafi.

3. Meningkatkan Kualitas Sosial

Jadi ketika kaligrafi termasuk salah satu sebuah karya yang memiliki nalai seni yang tinggi, maka bagi siapapun orangnya yang mengkonsumsi nya secara otomatis bisa mengangkat taraf hidup mereka.

Karena tentunya kaligrafi adalah sebuah karya yang indah yang memiliki nilai khusus, yang mendorong masyarakat lebih maju, Karena kaligrafi sendiri memiliki asal usul dan sejarah tua serta kisah pertumbuhan menarik dalam sejarah modern.

Mungkin segini dulu yang bisa saya sampaikan mengenai manfaat serta peran kaligrafi yang bisa kita ambil, semoga menghasilkan manfaat bagi saya khususnya dan para pembaca pastinya.

Silahkan tinggalkan coretan kritik dan saranya di kolom komentar, terima kasih sudah berkenan membaca tulisan saya.

Baca Juga : 5 Situs Rekomendasi Belajar Kaligrafi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel