Enam Macam Khat Kaligrafi Terpopuler

Enam Macam khat Kaligrafi - Assalamualaikum saudaraku, bagaimana kabarnya ? semoga tetap selalu dalam lindunga-Nya, selalu di jaga kesehatanya serta dipermudah segala urusan urusanya oleh Allah Swt, amin.


Baiklaha saudaraku pada kesempatan kali ini setelah saya posting artikel mengenai Perkembangan Kaligrafi  dari Masa Kemasa, alhamdulilah pada kesempatan kali ini saya dapat melanjutkan menulis kali ini.

Pada kesemapatan ini saya akan membahas mengenai macam macam, jenis jenis khat kaligrafi yang pernah ada di dunia ini, mulai dari model lawas sampai model yang paling baru atau yang kita kenal dengan sebutan Kontemporer.

Tanapa kita sadari kita sebagai manusia tidak memiliki rasa puas, sudah punya ini pengin yang itu, sudah punya itu mau yang ini, semua ini tidak bisa untuk kita hindari pastinya, karena manusia sejak lahir di karuniai sebuah nafsu yang tidak di miliki oleh para malaikat.

Dari nafsu inilah manusia selalu ingin terus berkembang dan berkembang dengan menciptkan berbagai penemuan baru. Yang di awali dari nafsu ingin bepergian jauh tanpa merasa lelah, akhirnya otak manusia berfikir dan terciptalah sebuah penemuan baru yaitu kendraan bermotor.

Demikian halnya kaligrafi yang awalnya dulu hanya sebatas tulisan Arab yang sangat sederhana. Mungkin sebagian besar dari kita tidak akan mampu untuk membacanya, ataupun memahami maksud dan maknanya.

Namun seiring waktu yang terus berputar dan manusia terus berfikir untuk menciptakan berbagai penemuan penemuan baru, akhirnya kaligrafipun tidak hanya terdapat satu model saja, tapi berkembag dan lahir berbagai macam model kaligrafi.

Baca Juga : Definisi Kaligrafi Secara Lengkap

Adapun di bawah ini saya akan terangkan macam macam kaligrafi secara lengkap menurut versi saya pribadi, baiklah langsung saja ini dia.

1. Kaligrfi Khat Naskhi

Enam-Macam-khat-Kaligrafi-Terpopuler


Klaigrafi jenis ini sebenarnya bukanlah jenis kaligrafi yang pertama kali muncul, saya membahas ini lebih dulu karena kaligrafi jenis ini adalah yang paling sering di gunakan dan paling mudah di baca serta di buat dari pada kaligrafi jenis lain, atau khat yang paling populer di belahan duna.


Kaligrai Khat Naskhi (Naskh) atau biasa di artikan "Naskah" dalam bahasa Indonesia, Khat jenis ini sering di gunakan untuk menulis mushaf mushaf al Qur'an karena lebih mudah untuk di baca oleh sebagian besar manusia.

Khat ini banyak yang berpendapat muncul sekita abad ke tiga Hijriyyah. Intinya krakteristik Khat jenis ini sangat luwes dan mudah di baca serta tidak bertumpuk tumpuk tulsanya.

Biasanya seseorang yang ingin belajar kaligrafi di awali dengan belajar Khat jenis ini terlebih dahulu sebelum ke jenis yang lainya.

2.Klaigrafi Khat Khufi

Kata Khufi berasal dari sebuah nama kota yaitu Khuffah, Khat jenis ini di gunakan untuk menulis wahyu wahyu Allah yang di turunkan kepada Nabi Muhammad oleh para sahabat di berbagai media seperti tulang, batu bahkan kulit binatang.

Khat Khufi daah khat yang pertama di gunakan atau pertama kali muncul dari jenis jenis Khat yang lainya, Khat yang memiliki cirikhas lebih kaku dari model yang lainya dengan terdapat berbagai macam sudut sudut pada setiap hurufnya, sangat populer pada zaman Dinasti Umayyah sampai Abassiyah, bahka sampai Dinasti Fathimiyyah di Mesir.

Secara garis besar Khat jenis ini di bagi ke dalam tiga jenis
- Khufi Mushaf : Merupakan Khufi sederhana yang di gunakan untuk menuis Al-Qur'an.
- Khufi Fatimi : Merupakan Khat yang sudah di beri tambahan Hiasan atau ornamen seperti bunga, daun dan lain sebagainya.
-Khufi Murabba : Khot jenis ini biasanya berbentuk kotak kotak.

3.Kaligrafi Khat Farisi.

Enam-Macam-khat-Kaligrafi-Terpopuler
Khat Farisi atau bisa kita sebut Nastaliq sangat populer di negara kelahiranya yaitu Persia, Masyarakat muslim dareah sana lebih suka dengat khot jenis ini daripada yang lainya, hal ini di buktikan dengan tulisan tulisan buku pengetahua surat surat dan lain sebagainya.

Khat jenis ini sebenarnya memiliki kesamaaan dengan Khat Naskhi sama sama di gunkan untuk tulisan sehari hari di daerah yang menggunakanya, yang membedakan kalau Khat Naskhi biasa di gunakan untuk menuis Mushaf Al-Qur'an, sedangan farisi untuk buku buku pengetahuan naskah naskah kepahlawanan.

4.Kaligrafi Khat Tsulusi

Enam-Macam-khat-Kaligrafi-Terpopuler

Model kaligrafi ini menurut saya adalah khat yang tengah tengah, tidak terlalu sulit dan tidak mudah pula untuk di pelajari. Seorang ahli kaligrafi pernah berkata bahawa "kita harus bisa menguasa Khat Farisi dan Tsulusi agar bisa di sebut Khattat".

Khat jenis ini sangat indah untuk di jadikan hiasan dinding, dengan desainya yang elegan dan tidak mudah bosan untuk di pandang, Tulisanya yang begitu simpel tidak terlalu sulit untuk di baca walapun bertumpuk tumpuk .

Khat Tsulusi di bagi ke dalam dua bagian.

-Tsulus a'dy atau khat tsulusi biasa, adalah yang model penulisanya tidak terlalu tebal, menggunakan pena paling minim ukuran 4 mm, tanpa menggunakan model yang rumit ataupun menyerupi suatu bentuk.

-Tsulusi Jally atau Khat Tsulusi berkelok,  Proses pembuatanya menggunakan pena dua kalilipat yng di gunakan untuk menulis Khat tsulusi a'dy, dan biasanya tulisanya di kreasika dalam bentuk bentuk yang rumit, seperti bersususn susun (Murokkab), berpantulan (Mutanadzir), ataupun menyrupai suatu bentuk mahluk hidup, seperti hewan, tumbuhan bahkan manusia.

5. Kaligrafi Khat Diwani

Enam-Macam-khat-Kaligrafi-Terpopuler

Jenis kaligrafi yang berikutnya adalah Khat Diwani yang awal mula di rahasiakan oleh pemerintahan Daulah Usmaniyyah, karena begitu indahnya khat jenis ini menurut mereka.

Diwani awal mula di kenalkan pada khalayak ramai ketika Konstatinopel jatuh di tangan Sultan Muhammad Al Fatih pada tahun 857 M, Namun penggunaan Khat ini sangat terbatas hanya di gunakan untuk tulisan tulisan resmi kerajaan seperti dokumen dokumen negara.

Khat jenis ini di ciptakan oleh Ibrahim Munif Aturki, dan membaginya kedalam tiga jenis yaitu Diwani gaya Turki, Mesir Dan Baghdad, yang memiliki cirikhas umum keluwesan tulisan dan banyaknya huruf yang memutar.

6. Kalirafi Khat Riq'ah

Enam-Macam-khat-Kaligrafi-Terpopuler

Khat yang satu ini terbilang mudah untuk di pelajari, dengan bentuknya yang sedikit kaku dan pendek sehingga banyak orag yang bisa menulis kaligrafi jenis ini, namun sangat indah dan tidak kalah dati khat jenis lainya.

Namun kebanyak kaligrafier yang tidak begitu tertarik dengan model tulisan ini, karena terbilang sangat simpel dan mudah untuk di tuliskan. Dari kalian mungkin bisa mengawali belajar kaligrafi dari kaht jenis ini.

Baiklah di atas tadi ada  enam jenis Kaligrafi sudah saya jelaskan secara terperinci, semoga bisa memambah wawasan saudara atau rasa penasaran saudara mengenai hal hal yang berkaitan dengankaligrafi.

Jika saudara menemukan kekeliruan dari tulisan saya bisa menghubungi saya pribadai, mohon kritik dan saranya untuk kemajuan blog ini. Terima Kasih.

Baca Juga : Sejarah Kaligrafi di Dunia

Baca Juga : 5 Situs Belajar Kaligrafi Terlengkap

0 Response to "Enam Macam Khat Kaligrafi Terpopuler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel