-->

Definisi Kaligrafi Terlengkap dan Terperinci

definisi-kaligrafi-terlengkap
www.imuzaki.com
Definisi kaligrafi – Sebelum saya masuk pada pembahasan mengenai pengertian atau definisi kaligrafi alangkah baiknya kita berdoa dulu dengan harapan tulisan yang sedang anda baca bisa membuahkan manfaat bagi saudara, saya pribadi, maupun khalayak ramai, amin. Jika sudah anda lakukan saya ucapkan terimakasih.

Mengupas kaligrafi tidak ada rasa bosan bagi saya pribadi dan semoga andapun demikian, tapi saya yakin anda adalah salah satu dari jutaan orang di dunia ini termasuk penikmat kaligrafi, kenapa demikian? karena anda sudah melungkan waktu dan paket data internet anda untuk membaca tulisan ini.

Kaligrafi adalah salah satu jeni kesenian di dunia ini yang usianya bisa terbilang sangat tua, entah berapa tahun usianya nanti akan saya bahas pada tulisan selanjutnya, sekarang silahkan anda simak dahulu mengenai definisi kaligrafi secara lengkap yang akan saya paparkan di bawah ini.

Baiklah langsung saja tidak perlu berpanjang lebar lagi, Kata Kaligrafi itu berasal dari bahasa Latin Calios yang mempunyai arti "indah" dan Graph yang bermakna "Tulisan", kalau di gabungkan menjadi "tulisan indah". Sedangkan kalau di lihat dari bahasa Arab adalah Al-khot yang memiliki makna "garis atau Tulisan".

Baca Juga : Mengenal Tokoh Kaligrafi Islam Di Indonesia

Jadi kaligrafi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang membahas mengenai tata cara menulis dengan indah. Atau keterangan lebih lebarnya adalah ilmu menulis sesuatu entah itu tulisan bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia namun tidak hanya dengan asal menulis, dalam artian yang penting bisa di baca, bukan seperti itu tetapi harus di tulis dengan indah.

kaligrafi ini terkadang tidak melihat kejelasan bacaan tulisan tersebut melainkan mengutamakan keindahan bentuk dari tulisan tersebut sehinga orang lain tidak akan mampu atau kesulitan untuk membacanya namun akan terasa indah untuk di pandang ataupun di jadikan hiasan dinding, entah di rumah atau di masjid masjid.

Sedangkan pengertian Kaligrafi menurut beberapa ahli atau pakar di antaranya :
  1. Syaikh Syamsuddin Al-Ahfani Beliau menyatakan bahwa Kaligrafi atau Al-khot adalah ilmu yang mempelajari suatu huruf tunggal yang terpisah kemudian di rangkai menjadi suatu tulisan yang indah dengan metode tertentu dengan di tulis di atas media kertas.
  2. Yaqut Al-Musta'shimy Beliau menjelaskan bahwa Kaligrafi adalah sebuah seni arsitektur yang di korelasikan atau di ciptakan menggunakan alat keterampilan yang di butuhkan. Pendapat ini sangat berbeda jauh dengan pendapat yang di sampaikan Syaikh Syamsudin Al-Ahfani, namun yang jelas tetap bersingungan dengan kesenian pastinya walaupun di situ beliau memaknai dengan seni arsitektur.
  3. Ubaid bin Ibad Pendapat dari tokoh yang terakhir, beliau mendefinisikan bahwa Kaligrafi adalah duta atau utusan tangan, sedangkan pena adalah dutanya. Pendapat yang ketiga ini belum bisa saya pahami secara terperinci, kalau saya boleh simpulkan yang di maksud di sini mungkin sebuah pena yang di gunakan untuk menulis adalah sebuah utusan yang di utus oleh rajanya yaitu tanganya seseorang yang menulis. Atau mungkin anda memiliki pemahaman tersendiri.
Dari ketiga pengertian kaligrafi menurut para ahli sudah sangat jelas bahwa intinya Seni Kaligrafi itu berhubungan erat dengan tulisan, bahkan memang jika bicara kaligrafi pastinya topiknya adalah tulisan atau objek pembahasanya adalah sebuah tulisan atau huruf-huruf yang di  rangkai sehinga menjadi sebuah bacaan.

Namun ketika kita merangkai sebuah huruf harus mengunakan imajinasi yang tinggi, dengan harapan bagaimana caranya suapaya tulisan tersebut bisa menjadi sebuah karya seni yang indah serta mengandung nilai nilai tersendiri entah itu berupa nilai keindahan  atau estetika kesenian itu sendiri atau nilai jual.

Yang perlu di perhatikan Kaligrafi itu tidak melulu menggunakan bahasa Arab, karena kaligrafi itu memiliki makna secara umum tidak khusus untuk bahasa Arab. Mungkin ini yang sering di salah artikan oleh kebanyakan orang, mereka beranggapan bahwa Kaligrafi itu selau berhubungan dengan bahasa Arab padahal tidak. Mengenai pengertian Kaligrafi yang bertuliskan Arab itu ada definisinya tersendiri.

Baca Juga : Manfaat dan Peranan Kaligrafi Islam

Pengertian rincinya mengenai Kaligrafi Arab atau Islam adalah sebuah karya seni tulis yang di situ berisi tulisan tulisan arab dan biasanya tulisan tersebut berupa ayat ayat Al-qur'an, yang mempunyai fungsi sebagai hiasan hiasan di dinding dinding istana atau masjid pada zaman dahulu, namun bisa berupa lukisan ataupu pahatan, seperti yang ada pada istana Al-Hambra.

Al-Hambra adalah sebuah komplek sekaligus benteng istana yang berada di negara Spanyol, pada masa dinasti Umayyah

Sedangkan seiring berkembangya zaman menjadikan seni kaligrafi berubah juga kedalam bentuk Kontemporer, yaitu kaligrafi tersebut sudah keluar dari berbagi kaidah kaidah kaligrafi model kuno, atau bisa kita bilang lebih modern dalam segi bentuknya dan menggunakan warna sehingga akan tampil lebih glamor atau cerah karena sudah mengenal warna tidak monoton pada satu warna. 

Kaligrafi Kontemporer itu sendiri di bagi menjadi beberapa corak, diantaranya corak figural, corak ekspresionis ada juga corak abstraksionis serta corak mutlak lalu kemudian corak simbolik dan yang terakhir  corak tradisional. Dari kesemua corak di atas memiliki ciri ciri khas tersendiri, adapun ciri cirinya saya sampaikan pada artikel yang lain.

Melihat dari tulisan saya di atas, saya harap bisa mengurangi rasa penasaran saudara mengenai definisi Kaligrafi, Tulisan yang sedikit ini dan tentunya masih jauh dari kata sempurna, semoga bisa menjadi acuan anda untuk mengetahui lebih dalam mengenai dunia kesenian kaligrafi serta bisa bermanfaat bagi anda selaku pembaca serta diri saya sendiri dan orang lain tentunya, terima kasih.

Baca Juga : Enam Macam Khat Kaligrafi Populer


0 Response to "Definisi Kaligrafi Terlengkap dan Terperinci"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel